VISI, MISI DAN TUJUAN
SD NEGERI SAPURO 05
A. VISI |
“Membentuk siswa yang berahlak mulia, cerdas, kreatif, Sehat jasmani dan rohani serta mandiri”.
B. MISI |
Mengacu pada visi sekolah diatas, maka misi yang akan dilaksanakan sebagai berikut :
a. Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Mahaesa.
b. Menanamkan pendidikan etika dan estetika dalam kehidupan sehari – hari.
c. Menanamkan pendidikan hidup sehat dan bersih.
d. Melaksanakan pola pembelajaran aktif, kreatif dan mandiri.
e. Memberikan bekal Ilmu pengetahuan dan Teknologi pada siswa secara optimal.
C. TUJUAN SEKOLAH |
- Mengoptiomalkan proses pembelajaran dengan pendekatan yang berpusat pada siswa (student centered learning), antara lain CTL, Pakem, serta layanan Bimbingan dan Konseling.
- Memperoleh kejuaraan lomba siswa berprestasi mata pelajaran, olympiade sains, festival kreatifitas siswa baik di tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi maupun nasional.
- Menciptakan lulusan-lulusan yang berkualitas yang berwawasan Nasional dan Internasional.
- Membekali anak- anak didik dengan dasar IPTEK, penguasaan teknologi
informasi secara benar, dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif.
- Menciptakan generasi muda yang kompetitif, kreatif, inovatif, aktif di
lingkup nasional maupun Internasional yang mampu bersaing secara global.
- Menumbuhkembangkan penghayatan terhadap agama, rasa cinta, estetika di
lingkungan sekolah dan masyarakat sehingga terwujud generasi yang peduli
dan berbudaya lingkungan serta berkarakter Pancasila
- Menjadi sekolah adiwiyata mandiri.
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
No |
Deskripsi Karakter
|
Karakter Bangsa |
1 | Religius | Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleransi terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. |
2 | Jujur | Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. |
3 | Toleransi | Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, sikap, dan tindakan orang lain yangberbeda dari dirinya. |
4 | Disiplin | Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. |
5 | Kerja Keras | Perilaku yang menujukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. |
6 | Kreatif | Berfikir dan melakukan sesuatu untuk menghasikan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki. |
7 | Mandiri | Sikap dan perillaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. |
8 | Demokratis | Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. |
9 | Rasa Ingin Tahu | Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. |
10 | Semangat Kebangsaan | Cara berfikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. |
11 | Cinta Tanah Air | Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa. |
12 | Menghargai Prestasi | Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain. |
13 | Bersahabat/ Komunikatif | Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. |
14 | Cinta Damai | Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabakan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya. |
15 | Gemar Membaca | Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya. |
16 | Peduli Lingkungan | Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. |
17 | Peduli Sosial | Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. |
18 | Tanggung jawab | Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya diam lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, dan Tuhan Yang Maha Esa. |
|
|
|
2. Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa serta Tujuan Pencapaian
No |
Deskripsi Karakter
|
Tujuan Pencapaian |
1 | Religius | Tujuan : v Menanamkan kebiasaan hidup yang selalu menjalankan setiap amal ketaatan serta menanamkan sikap peduli sesama dan menjadikan kegiatan itu semua menjadi sebuah kebiasaan hidup |
2 | Jujur | Tujuan : v Melatih kejujuran serta menanamkan sikap saling mempercayai dan berani menyampaikan pendapat. |
3 | Toleransi | Tujuan : v Menanamkan sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. |
4 | Disiplin | Tujuan : v Menanamkan dan melatih agar selalu tepat waktu, bertanggungjawab terhadap apa yang menjadi tanggungjawabnya serta mentaati peraturan yang telah disepakati. |
5 | Kerja Keras | Tujuan : v Mengisi kegiatan-kegiatan mendidik, serta menjalankan tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya dengan penuh kesungguhan. |
6 | Kreatif | Tujuan : v Mengembangkan apresiasi bakat yang dimiliki serta menyalurkan ide-ide yang telah dimiliki unukdiaplikasikan dalam bentuk media. |
7 | Mandiri | Tujuan : v Menanamkan untuk membiasakan tidak mudah tergantung kepada orang lain sebelum dirinya sendiri berusaha dengan penuh kesungguhan. |
8 | Demokratis | Tujuan : v Menanamkan sikap berani mengutarakan pendapat disertai pengambilan keputusan dengan penuh tanggungjawab serta memiliki sikap kerja sama yang kuat. |
9 | Rasa Ingin Tahu | Tujuan : v Menjadikan sikap berani untuk menayakan hal-hal yang belum dipahami serta mampu melakukan eksperimen. |
10 | Semangat Kebangsaan | Tujuan : v Menanamkan sikap cinta terhadap bangsa dan negara serta berjiwa nasiolaisme yang kokoh. |
11 | Cinta Tanah Air | Tujuan : v Menjadikan kegiatan keseharian bercirikan budaya bangsa serta mengetahui aneka ragam kebudayaan yang ada. |
12 | Menghargai Prestasi | Tujuan : v Memberikan penghargaan yang menjadikan anak lebih semangat dan lebih berkreasi. |
13 | Bersahabat/Komunikatif | Tujuan : v Menanamkan sikap saling menghargai serta kekeluargaan antar teman serta menghargai orang lain. |
14 | Cinta Damai | Tujuan : v Menanamkan sikap tolong-menolong serta rasa persaudaraan dan memiliki tanggungjawab terhadap kebersamaan. |
15 | Gemar Membaca | Tujuan : v Mengenalkan serta membiasakan kegiatan membaca menjadi menu yang wajib untuk dikonsumsi setiap hari. |
16 | Peduli Lingkungan | Tujuan : v Menanamkan sikap mejaga dan merawat terhadap lingkungan serta menjadikan itu semua sebagi salah satu sikap yang wajib dimiliki. |
17 | Peduli Sosial | Tujuan : v Menanamkan pentingnya saling merasakan keadaan disekitar kita dasn menjadikan sikap yang peka terhadap keadaan sosial. |
18 | Tanggungjawab | Tujuan : v Menanamkan sikap penuh tanggungjawab dalam pengaplikasian di kehidupannya. |
No comments:
Post a Comment